AC di rumah Anda mendadak kurang terasa dingin? atau tiba-tiba ada tetesan air yang keluar dari unit indoor AC? Atau ada suara berisik di AC Anda? Tentu saja hal itu sangat mengganggu kenyamanan. Keluhan-keluhan ini bisa jadi karena AC yang Anda miliki mengalami kerusakan. Yuk kita kenali tanda-tanda kerusakan pada AC dan penyebabnya.

AC Kotor

Indikator yang paling sederhana jika AC Anda kotor adalah AC mulai terasa kurang dingin. Umumnya penyebabnya karena filter udara di dalam unit AC indoor Anda sudah mulai kotor. Debu-debu yang menempel pada filter menghambat angin dingin untuk berhembus melaluinya.

Kemudian coba Anda periksa evaporator unit indoor anda dengan cara menyentuhnya dengan jari. Jika sudah kotor maka AC Anda perlu untuk segera diservice. Segera hubungi kami agar AC anda dapat kembali normal.

Hindari membiarkan hal tersebut berlarut-larut. Karena bisa menyebabkan kerusakan kompressor. Tentu biaya memperbaiki kerusakan kompresor ini jauh lebih besar.

AC Tidak Dingin

Jika AC Anda mendadak tidak dingin cobalah untuk memeriksa beberapa hal:

  • Pastikan kipas pada unit indoor Anda masih berfungsi dengan baik
  • Pastikan compressor berjalan dengan normal
  • Pastikan kipas pada unit outdoor masih berjalan dengan baik
  • Periksa pipa suction dan discharge apakah berembun atau tidak. Jika masih berembun berarti ac anda masih normal

Jika salah satu dari hal-hal di atas bermasalah maka segera hubungi kami untuk segera dapat diperbaiki. Hal ini penting dilakukan lebih awal untuk menghindari kerusakan yang lebih besar.

Outdoor Unit Berisik

Seringkali terjadi keluhan mengenai outdoor unit berisik. Tahukah anda apa penyebab outdoot unit berisik?

Salah satu penyebab outdoor unit berisik adalah dari kompressor yang macet. Indikasi kerusakan biasanya terjadi pada kapasitor yang sudah rusak sehingga kompressor tidak bisa beroperasi.

Penyebab lainnya adalah karena kompressor sudah rusak, misalnya komponen di dalam kompressor yang sudah putus atau tebakar sehingga menyebabkan kompressor berisik.

Dan penyebab lain unit outdoor AC Anda menjadi berisik adalah kurang kencangnya pemasangan baut pada dudukan kompresor. Sederhana sekali bukan? Ternyata hal sederhana seperti ini bisa sangat mengganggu kenyamanan kita.

AC Mati Total

AC tiba-tiba tidak bisa dinyalakan atau tidak bisa merespon remote AC? Hal ini bisa terjadi karena rusaknya indikator sensor sehingga tidak bisa dioperasikan dengan remote. Namun terkadang bisa jadi penyebabnya adalah hal yang sangat sepele yakni baterai pada remote Anda yang sudah habis.

Namun jika baterai remote Anda sudah diganti dan AC belum bisa juga dihidupkan maka kemungkinan ada kerusakan pada power atau FCB modul unit indoor. Segera hubungi kami agar bisa ditindak lanjuti.

Hubungi Kami Aja

Jika ingin berkonsultasi atau menanyakan mengenai keluhan atau kerusakan pada AC Anda, segera hubungi kami atau via sms or Whatsapp. Kami tunggu ya 🙂